Web Analytics

October 19, 2018

Gelar TTG Nasional XX Di Bali: "INSPIRASI NILAI TAMBAH EKONOMI MASYARAKAT"

Dirjen PPMD, Taufik Madjid, Direktur PMD, M. Fachri dan peserta Gelar TTG di Bali, (19/10/2018)
Bali, Media Advokasi - Forum Gelar TTG (Teknologi Tepat Guna) Nasional XX di Pulau Dewata, Bali, yang dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi, pada Jumat, (19/10/2018) ini  diharapkan dapat menjadi ajang motivasi dan inspirasi bagi semua pihak, terutama Pemerintah dan Masyarakat Desa dalam memanfaatkan berbagai potensi ekonomi Desa demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sebab, dengan sentuhan teknologi yang tepat dan berdaya guna itulah,  potensi  Sumber Daya Alam dan Ekonomi yang dimiliki oleh  Desa dapat meningkatkan nilai tambah secara ekonomi yang pada gilirannya Desa-desa di Tanah Air semakin maju dan mandiri.

Demikian tali simpul Rilis pelaksanaan kegiatan Gelar TTG ke-20 di Bali yang dikirim ke Media, Jumat, (19/10/2018).

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Taufik Madjid, atas nama Menteri Desa PDTT, Eko P. Sandjojo, merasa optimis forum Gelar TTG tersebut dapat menjadi salah satu upaya percepatan penyebarluasan informasi berbagai teknologi secara tepat-guna yang nantinya memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat Desa.

Selain itu, Taufik juga berharap forum tersebut dapat mendorong munculnya berbagai gagasan kreatif dan inovatif dalam rangka penyusunan kebijakan penerapan dan pengembangan TTG yang efektif dan efisien di waktu mendatang, yang sekaligus mampu  mendorong gerakan pemberdayaan masyarakat Desa.

"Kita berharap semua stakeholder dan Pendamping Desa khususnya dapat  saling sinergi dan bahu-membahu dalam  pemanfaatan potensi Desa melalui sentuhan Teknologi Tepat Guna untuk peningkatan kesejahteraan  masyarakat Desa", ujarnya.

Terkait peran pendamping desa, Taufik berharap agar mereka dapat menfasilitasi semua pihak, terutama Pemerintah Desa dan masyarakat, dengan menumbuhkan berbagai gagasan baru dan inovatif  sehingga menjadikan Desa sebagai "Melek Teknologi" dan Mandiri.

Sebagaimana diketahui, forum Temu Karya dan Gelar TTG Nasional XX serta Pekan Inovasi dan Perkembangan Desa-Kelurahan Tahun 2018 yang diselenggarakan di Garuda Wisnu Kencana, Bali ini merupakan kelanjutan dari forum sebelumnya, yakni Gelar TTG di Palu, Sulawesi Tengah Tahun 2017 dan Di Mataram, NTB Tahun 2016.

Kegiatan rutin tersebut secara garis besar menampilkan tiga kegiatan utama, yakni Forum Temu Karya dari masing-masing Provinsi, Gelar Teknologi Tepat Guna dari hasil kreasi dan inovasi Desa-desa di masing-masing Provinsi dan Pekan Inovasi dan Perkembangan Desa-Kelurahan pada Tahun 2018. (Ar/yl)

Teman Anda Belum Tau Ini Yuk Bagikan : WhatsApp

Dukung Kami di Youtube

LAPOR PAK

LAPOR PAK
Buat Laporan Anda disini, pasang Aplikasi Kami.

Media Advokasi Edisi Cetak