Web Analytics

June 22, 2021

Air Sungai Tercemar, Wabub Muratara Ancam Bakal Tindak Tegas Penambang Liar

Muratara, MA - Polemik air sungai Rupit Rawas menjadi keru wakil bupati ancam akan tindak tegas jika masih ngeyel.
Hal tersebut disampaikan langsung wakil Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) H. Inayatullah saat di sambangi dalam ruang kerjanya pada, Selasa (22/06/21).

Wabub mengakui jika permasalahan keruhnya air sungai akibat penambang liar, dirinya menyebutkan bahwa ini sudah masuk salah satu visi misi untuk menjernihkan air sungai Rupit Rawas.

Dijelaskannya, namun pihaknya masih mempertimbangkan dampak negatif kepada pekerja yang berada di daerah pertambangan jika dilakukan penaindakan.

Pasalnya, setiap titik penambang banyak masyarakat yang mencari nafkah, maka dari itu sebelum pihaknya mengambil tindakan sudah dikaji terlebih dahulu tiakan yang akan diambil.

“Untuk tindakan yang sudah diambil, pihak pemerintah daerah sudah beberapa kali memanggil pihak-pihak penambang , namun sampai saat ini belum ada yang datang dan menghadap langsung untuk dicarikan solusi,” ujarnya.

"Kita sudah koordinasi dengan bupati bahwa untuk penambang yang berada daerah Rawas ulu dan karang jaya supaya disarankan untuk membuat suatu koperasi atau dibuat seperti gelondongan bagi masyarakat yang menambang agar dampak yang ditimbulkan tidak terkena masyarakat luas,” terang Wabub.
Diketahui, efek yang ditimbulkan dari penambang liar tersebut , kurang lebih 50 Desa yang tercemar akibat keruhnya air sungai. 

“Kepada penambang baik di daerah karang jaya dan Rawas ulu, silahkan temui pemerintah daerah untuk dicarikan solusi, sebelum Pemda mengambil tindakan tegas. Jangan salahkan pemerintah daerah jika tindak tegas akan kita ambil karena tidak mengikuti prosedur yang berlaku,” tutup Wabub. (AkaZzz)

Teman Anda Belum Tau Ini Yuk Bagikan : WhatsApp

Dukung Kami di Youtube

LAPOR PAK

LAPOR PAK
Buat Laporan Anda disini, pasang Aplikasi Kami.

Media Advokasi Edisi Cetak