Web Analytics

September 14, 2021

Disdikbud Aceh Singkil Targetkan 40 Sekolah TK/PAUD Dinegerikan

Aceh Singkil-mediaadvokasi.com  
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil mencatat ada sebanyak 158 Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Aceh Singkil

Dari jumlah itu, hanya 18 Sekolah saja tingkat TK/PAUD yang berstatus Negeri, hal itu terhitung sejak tahun 2020 hingga 2021.

Sedangkan, untuk 150 sekolah TK/PAUD lagi itu ber Status Swasta atau Yayasan," Kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) melalui Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Aceh Singkil Bay Saminggara diruang kerjanya Selasa (14/9/2021). 


Dikatakannya, Penegerian sekolah PAUD terus didorong Disdikbud Aceh Singkil sebagai kran untuk membuka bagaimana peluang terciptanya formasi CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK, "ujarnya.

Begitupun kata Bay, Dinas Pendidikan berkerjasama dengan BKPSDM dan Dinas Pertanahan Aceh Singkil tahun ini menargetkan 40 sekolah TK/PAUD yang sebelumnya ber status swasta atau Yayasan menjadi negeri. 


Sebab,apabila mengandalkan status sekolah PAUD swasta, dikhawatirkan lambat dalam hal pembangunan, lain halnya apabila statusnya telah negeri,” katanya.
     
Menurut dia, adanya penegerian akan membuat sekolah tersebut mendapatkan insentif dari pemerintah daerah, pusat maupun provinsi.

Untuk itu sangat diharapkan kerjasama dari yayasan pemilik PAUD dalam penegerian, seperti halnya soal aset tanah dan bangunannya agar dikemudian hari tidak dipersoalkan.

Disdikbud Aceh Singkil menargetkan sekolah PAUD yang berada di daerah terluar yang akan lebih diutamakan untuk penegerian seperti di daerah Kepulauan Banyak.

Pada tahun 2021, Pemkab Aceh Singkil membuka 509 formasi PPPK Guru. Namun sayang, formasi itu hanya untuk guru tingkat SD, SMP dan SMA, tidak ada formasi bagi guru PAUD. (Ahmad)

Teman Anda Belum Tau Ini Yuk Bagikan : WhatsApp






Dukung Kami di Youtube

LAPOR PAK

LAPOR PAK
Buat Laporan Anda disini, pasang Aplikasi Kami.

Media Advokasi Edisi Cetak