Web Analytics

November 19, 2021

Kadis PMD-P3A: Pengangkatan Perangkat Desa Noman Baru Melanggar Aturan

MURATARA, MA - Pengangkatan perangkat Desa dari yang lama ke perangkat Desa yang baru jelas melanggar aturan.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung Kepala Dinas PMD-P3A Kabupaten Muratara saat di mintai keterangan terkait pengangkatan perangkat desa.

Dalam hal ini Kadis PMD-P3A Gusti Rohmani menyampaikan , jika penyusunan perangkat Desa Noman Baru Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara sudah melabrak aturan.

Berdasarkan aturan dan ketentuan dalam pasal 5 peraturan menteri dalam negeri  nomor 83 tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan peraturan dalam negeri nomor 57 tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan menteri dalam negeri nomor 83 tahu. 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa ,yaitu perangkat desa berhenti karena meninggal dunia L, meminta sendiri, atau diberhentikan karena Usia telah genap 60 tahun, dinyatakan sebagai terpidana, yang di ancam pidana penjara paling singkat 5 tahun penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Kemudian berhalangan tetap ,tidak lagi memenuhi persyaratan sebagai perangkat Desa dan melanggar larangan sebagai perangkat desa," terang Kadis. 

"Dari beberapa poin tersebut  sudah jelas jika pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa yang di lakukan kepala desa noman baru sudah menyalahi aturan," tutup Kadis. (AkaZzz)

Teman Anda Belum Tau Ini Yuk Bagikan : WhatsApp






Dukung Kami di Youtube

LAPOR PAK

LAPOR PAK
Buat Laporan Anda disini, pasang Aplikasi Kami.

Media Advokasi Edisi Cetak